Contoh Makalah Tentang Evaluasi Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling
SEBUAH STUDI PUSTAKA Arum Ekasari Putri 1 1 Magister Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Jakarta Indonesia E-mail. Dengan selesainya makalah ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pentingnya pelayanan Bimbingan dan Konseling bagi pengembangan diri siswa khususnya dalam pengembangan kepribadian seperti yang diharapkan oleh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.
Langkah-langkah penyusunan instrument a.

Contoh makalah tentang evaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling. Pasal 1 ayat 14. Hal tersebut pula yang menjadi latar belakang dari makalah ini dengan judul evaluasi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. BAB I PENDAHULUAN 11 Latar Belakang Bimbingan dan konseling adalah merupakan sebuah proses tolong menolong antara individu satu dengan individu yang lain untuk memahami diri mereka sendiri.
Pengawas melakukan pembinaan dan pengawasan dalam bentuk mendorong konselor dan. Pemberian pemahaman tentang evaluasi program bimbingan dan konseling rasanya tidak lengkap kalau tidak ada contoh instrumen evaluasinya. EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING.
Dengan kata lain bahwa penilaian yang dilakukan terhadap kegiatan Bimbingan dan Konseling ditujukan untuk menilai bagaimana kesesuaian program bagaimana pelaksanaan yang dilakukan oleh para petugas Bimbingan dan bagaimana pula hasil yang diperoleh dari pelaksanaan program tersebut. Yaitu asas bimbingan dan konseling yang menghendaki agar peserta didik klien yang menjadi sasaran layanankegiatan bersikap terbuka dan tidak berpura-pura baik dalam memberikan keterangan tentang dirinya sendiri maupun dalam menerima berbagai informasi dan materi dari luar yang berguna bagi pengembangan dirinyaGuru pembimbing konselor berkewajiban mengembangkan keterbukaan peserta didik. Laporan hasil evaluasi perkembangan ditulis dalam bentuk uraian singkat ditambah dengan keterangan tentang kehadiran pertumbuhan berat dan tinggi badan serta rekomendasi untuk orangtua.
Di dalam pendidikan bimbingan dan konseling mewakili hasrat masyarakat untuk membantu individu sumbangan bimbingan dan konseling menambah kepahaman tentang informasi pendidikan vokasional dan social yang. MAKALAH BIMBINGAN KONSELING EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING. Berbicara tentang teknis pelaksanaan Bimbingan dan Konseling dalam membantu siswa dalam sepengetahuan saya dimulai dari pendidikan yang paling awal yaitu di Sekolah Dasar SDKemudian dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar ini belum secara menyeluruh ini bisa dilihat dari banyaknya SD yang belum ada Guru BK nya.
Sesuai dengan pendapat tersebut maka evaluasi pelaksanaan Bimbingan dan Konseling dapat diartikan sebagai suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai segala sesuatu dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah yang diharapkan oleh Departemen Pendidikan. Paparan tersebut menunjukkan bahwa begitu pentingnya peranan evaluasi pada pelaksanaan layanan bimbingan. Tindak lanjut pelaksanaan BK adalah kegiatan menindaklanjuti hasil analisis evaluasi tentang layanan evaluasi informasi penempatan dan penyaluran konseling perorangan bimbingan kelompok dan bimbingan pembelajaran serta kegiatan pendukungnya.
Berdasarkan pengertian di atas dapat dipahami bahwa evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling merupakan suatu usaha penelitian dengan cara mengumpulkan data secara sistematis menarik kesimpulan dari data yang diperoleh secara objektif mengadakan penafsiran dan merencanakan langkah-langkah perbaikan pengembangan dan pengarahanstaf sehingga pelaksanaan bimbingan dan konseling. Layanan dan kegiatan bimbingan dan konseling terhadap siswa sekolah dan lingkungan komunitas Evaluasi ini disebut juga sebagai evaluasi sumatif yakni penilaian yang dilakukan di akhir pelaksanaan suatu program untuk menilai outcomedan impactdari suatu program. Alhamdulillahirobbil Alamiin Segala puji syukur kita panjatkan kehadirat Ilaahirobbi Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat karunianya kepada kita semua sehingga kita bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dalam keadaan sehat wal afiat.
Segala puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayahnya kami dapat menyusun sebuah makalah yang membahas tentang Pengertian Tujuan dan Arah Pelayanan Bimbingan dan Konseling meskipun bentuknya sangat jauh dari kesempurnaan selanjutnya salawat dan salam kami kirimkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW sebagaimana beliau telah mengangkat. Dalam Bimbingan dan Konseling kita mengenal düa pendekatan yaitu. Dengan kata lain bahwa penilaian yang dilakukan terhadap kegiatan Bimbingan dan Konseling ditujukan untuk menilai bagaimana kesesuaian program bagaimana pelaksanaan yang dilakukan oleh para petugas Bimbingan dan bagaimana pula hasil yang diperoleh dari pelaksanaan program tersebut.
Pengenalan tentang kekuatan diri sendiri bakat serta penyaluran dan pengembangannya. Data dan informasi ini dapat dijadikan bahan untuk pertanggungjawaban akuntabiltas pelaksanaan program bimbingan dan konseling. Secara skematis evaluasi program bimbingan dan konseling tersebut dapat digambarkan pada bagan 1.
Mengidentifikasi variabel Variabel adalah segala sesuatu yang memiliki variasi nilai. Konseling yang akhirnya perlu pula diketahui bagaimana hasil dari pelaksanaan kegiatan itu. Halo rekan guru bimbingan dan konseling di seluruh tanah air kali ini admin akan membahas kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tentang Evaluasi Program BK dan ini merupakan penyempurnaan dari artikel tersebut.
Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Layanan bimbingan dan konseling kelompok adalah layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama melalui dinamika kelompok memperoleh berbagai bahan dari narasumber. Konseling yang akhirnya perlu pula diketahui bagaimana hasil dari pelaksanaan kegiatan itu. Non scientic approach pseudo-scientfic approach dan scientific approachPendekatan pertama adalah pendekatan yang tidak berdasarkan suatu hal yang objektif dan nyata akan tetapi lebih pada hal-hal yang bersifat misterius dan spekulatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi landasan teori dan pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling di sekolah. Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah evaluasi bimbingan dan konseling serta untuk mengetahui apakah adanya kesenjangan antara program dan pelaksanaan bimbingan kelompok di SMP 15 Semarang untuk selanjutnya agar bisa dilaksanakan evaluasi program berdasarkan model kesenjangan atau discrepancy model.
Pengertian Daftar Cek Checklist Dalam Bimbingan Dan Konseling Bimbingan Konseling
Contoh Format Administrasi Bk Bimbingan Konseling Berkas Edukasi
Pdf Jurnal Bimbingan Konseling Afrizon Saputra Se Academia Edu
Doc Contoh Kasus Bimbingan Konseling Lika Saras Academia Edu
Doc Ptbk Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling Divasari Ardi Pertiwi Academia Edu
Contoh Soal Bimbingan Konseling Dan Jawabannya Ilmusosial Id
Angket Untu Siswa Bagi Guru Bimbingan Konseling
Contoh Rpl Bk Belajar Ilmusosial Id
Makalah Menejemen Bimbingan Dan Konseling
Posting Komentar untuk "Contoh Makalah Tentang Evaluasi Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling"